Pemrograman Berorientasi Objek

BAB 1
Karakteristik disebut atribut, tingkah laku disebut behavior atau method.
Class yaitu mendefinisikan karakteristik abstrak dari suatu termasuk atribut .
Objek adalah sesuatu yang sudah didevisinikan secra detail.
Ciri-ciri PBO:
1.       Abstraksi (abstraction)
Pengabstakan atau penyembunyian kerumitan dari suatu proses
2.       Pembungkusan(Encapsulation)
Secara kode program, dengan cara membungkus semua kode dan data.
Terdapat 3 tingkat akses:
a.       Private, hanya dapat diakses oleh kelas yang bersangkutan.
b.      Protected, dapat diakses oleh kelas-kelas yang masih memiliki hubungan turunan.
c.       Public, kebalikan dari tingkat akses private
3.       Pewarisan(Inheritance)
Semua method dan perilakunya menurun.
4.       Polimorfisme atau kebanyakrupaan()
Kemampuan suatau objek untuk mengungkap banyak hal melalui satu cara yang sama.
Perbandingan program procedural dengan pemrgraman berorientasi objek
1.       Keuntungan
a.       Objek dapat digunakan berulang –ulang untuk program lain
b.      Programnya lebih terstruktur dan lebih mudah untuk dikembangkan
c.       Bersifat natural dan alami
BAB II
Dasar-dasar dan aturan pbo
A.      Penulisan komentar
Adalah bagian dari kode program yang tidak ikut dieksekusi pada saat proses kompilasi program.Komentar program dibagi menjadi 3 jenis  :
1.       Komentar untuk satu baris
Berikut kodenya:
 // ini adalah komentar untuk satu baris
2.       Komentar untuk beberapa baris
Berikut ini contoh penggunaannya:
/* ini adalah
Komentar dua baris*/
3.       Komentar untuk keperluan dokumentasi
Contoh :
/**
*Program”welcome”
*@ author  Nugroho slamet  r
*@ version 1.0
*/
B.      Blok program
Di awali dengan tanda {dan diakhiri dengan tanda}
Contoh:
Class contoh kelas{
//bagian awal blok program
}
C.      Separator
Digunakan untuk mimisahkan salah satu bagian program dengan bagian lainya.
Daftar separator :
1.       () Parentheres(tanda kurung)
Digunakan untuk mengisikan daftar parameter didalam method
2.       {}  Braces (kurung kurawal)
Digunakan untuk membuat blok program dan untuk mengisikan nilai inisial pada deklarasi array
3.       [] Bracket (kurung siku)
Digunakan untuk mendeklarasikan array dan untuk mengambil atau mengisi nilai dari elemen array
4.       ; semi colon (titik koma)
Digunakan untuk memisahkan statemen
5.       , Comma (koma)
Digunakan untuk memisahkan variable pada saat proses deklarasi.
6.       . period (titik)
Digunakan untuk memisahkan nama paket, sub paket, dan kelas
D.      IDENTFIERS
Adalah nama-nama yang bisa di deklarasikan dalam java tetapi bukan bagian dari kata kunci. Yang termasuk identifiers :
1.       Class
2.       Interface
3.       Variable/property
4.       Method
Tata cara penulisan identifiers :
1.       Aturan dari compiler untuk menentukan apakah nama identifiers di perbolehkan atau tidak.
2.       Konvensi penamaan identifier dari sun di sebut  “java code convention”
3.       Menurut standar penamaan javabean
1.       Penjelasan aturan dari compiler
a.  Semua kata kunci dalam java tidak boleh di gunakan
b.Harus di awali dengan huruf, tanda dollar atau karakter penghubung (underscore)
c. Tidak boleh di awali dengan angka
d.Karakter kedua dan berikutnya boleh menggunakan apapun
e.Tidak di batasi dengan panjangnya
f.  Di bedakan antara huruf kecil dan huruf besar
g. Nama public class harus sama dengan nama file javanya
2.       Penjelasan java code convention
a.       Class dan interface harus di awali dengan huruf besar
b.      Variable menggunakan came case yang di awali dengan huruf kecil
c.       Method selalu di awali dengan huruf kecil
d.      Konstanta di buat dengan mendeklarasikan sebuah variable sebagai statis dan final
E.       Kata kunci(keyword)
Adalah kata yang telah di definisikan oleh compiler dan memiliki arti dan tujuan tertentu .
Contoh daftar kata kunci dalam java :
Abstract
Double
Int
Boolean
Else
Interface
Break
Extends
Long
Byte
Final
Native
Case
Finally
New
catch
Float
Package
Tidak boleh untuk membuat class variable, method, konstanata
F.       Tipe data primitive
Java masih menggunakan tipe data primitive.
Tipe data primitive bukanlah sebuah objek karena tidak mempunyai method hanya mempunyai data
Java menggunakan 8 tipe data primitive :
1.       Byte
2.       Short
3.       Int
4.       Long
5.       Char
6.       Float
7.       Double
8.       Boolean
Kedelapan tipe tersebut di kelompokkan menjadi empat :
1.       Type integer (bilangan bulat)
Terdiri dari 4 tipe data yaitu byte, short, int, long.
2.       Type floating point (pecahan)
Terdiri dari dua tipe data yaitu float dan double.
3.       Type data character
Hanya terdiri dari tipe data char
4.       Boolean
Hanya terdiri dari tipe data Boolean atau logika 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon

Basis Data Untuk SMK Kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak

KONSEP BASIS DATA 1) Definisi Basis Data      Secara umum untuk menjelaskan tentang pengertian basis data dapat ditinjau dari dua sisi,p...